Rumah Pohon Urongo

Asal usul Rumah Pohon Urongo adalah gagasan dri para pemuda pencinta lingkungan di Kota Tondano. Awalnya lokasi Rumah Pohon Urongo ini sendiri merupakan Basecamp yang dipakai sebagai tempat bercengkrama seusai melakukan penanaman bibit pohon untuk menyelamatkan pesisir pantai dari para pemuda Tondano yang tergabung dalam kelompok pencinta lingkungan dikenal dengan Generasi Pemuda Pencinta Alam (GEMPA).

Lokasi Rumah Pohon Urongo berjarak 10 Km dari Kota Tondano. Yang terletak di Puncak Bukit Urongo Kecamatan Tondano Selatan Kabupaten Minahasa. Dari jalan raya sekitar 100 meter dengan jalan yang menanjak, di sepanjang jalan lokasi banyak warga yang berjualan makanan ringan serta minuman. Bagi Anda para wisatawan yang berangkat dari Terminal Tondano, Anda bisa naik angkot dengan jurusan Remboken lalu turun di Kelurahan Urongo. Karena lokasinya tidak jauh dari jalan raya jadi seharusnya sangat mudah untuk Anda temukan tapi jika Anda mengalami kesulitan jangan ragu untuk bertanya kepada warga sekitar.

Rumah Pohon Urongo menampilkan keindahan Danau Tondano dilihat dari ketinggian sekitar 3 sampai dengan 10 meter juga pemandangan Tanjung yang menjorok ke Danau begitu sangat mengagumkan. Di tempat wisata ini para wisatawan akan menemui 4 rumah pohon yang berjejer mulai dari yang tidak terlalu ekstrem sampai yang paling ekstrem. Bagi para pengunjung atau wisatawan yang takut akan ketinggian Anda bisa mencoba dengan rumah pohon dengan ketinggian 3 meter dari permukaan tanah.

Untuk mencapai spot atau rumah pohon yang paling ekstrem Anda harus melewati jembatan bambu sejauh 10 meter dengan tempat pegangan hanya satu dibagian kanan dan ketika musim hujan jembatan menjadi sedikit agak licin. Tetapi Anda jangan khawatir ada satu dua petugas yang siap untuk memegangi tangan Anda selama melewati jembatan. Dari spot rumah-rumah pohon ini Anda bisa menikmati indahnya matahari terbit dengan catatan Anda harus bangun subuh untuk dapat menikmati pertunjukkan alam yang sangat memukau tersebut.